Friday, June 30, 2017

11 Keunggulan Android Dibandingkan iPhone

Bagi penggemar Android, smartphone dengan lambang robot hijau tersebut tentu lebih baik dari pesaing terdekatnya, iPhone. Begitupun dengan penggemar iPhone yang menganggapnya lebih baik dari Android.

Tentu, baik Android maupun iPhone, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, ada beberapa keunggulan yang dimiliki Android dibanding dengan iPhone. Apa saja ? berikut penjelasannya.

11 Keunggulan Android Dibandingkan iPhone


1. Harga Murah


Berapakah harga temurah dari iPhone? iPhone 5 yang saat ini masih mumpuni untuk digunakan memiliki harga Rp 5 jutaan. Padahal, hardware iPhone 5 sudah cukup tertinggal. 

Sedangkan smartphone Android dengan hardware sekelas atau bahkan lebih baik sudah bisa kita beli dengan harga Rp 2 jutaan.

2. Layar Lebih Besar


Smartphone Android memiliki ukuran layar yang variatif, antara 3 inci hingga 7 inci. Sebagian besar perangkat Android sudah diliris dengan layar lebih dari 4 inci.

Sementara itu, iPhone hingga saat ini hanya memiliki dua ukuran layar, yaitu 3,5 inci untuk iPhone generasi pertama hingga 4S dan 4 inci untuk iPhone 5.

3. Banyak Pilihan


iPhone adalah smartphone eksklutif yang hanya dibuat oleh Apple. Untuk setiap serinya, Apple hanya meliris antara dua hingga tiga jenis produk.

Sedangkan smartphone Android dibuat secara "keroyokan" oleh produsen lokal dan global. Merk apapun ada, seperti Samsung, OPPO, Lenovo, Asus, dan masih banyak lagi.

4. Bisa Ganti Baterai


Desain unibody iPhone memang keren. Namun, desain ini membuat komponen baterai dari iPhone tidak bisa di bongkar pasang. Maksudnya, apabila ada kerusakan atau baterai bocor, pengguna tidak bisa mengganti sendiri komponen tersebut.

Berbeda dengan Android, produk Android dilengkapi dengan kemampuan untuk menukar baterai. Ya, memang ada beberapa yang tidak bisa ditukar baterainya karena menggunakan desain unibody. Namun, desain tersebut hanya dimiliki oleh sebagian kecil perangkat.

5. Slot Memory Card


Belum pernah ada iPhone yang diciptakan dengan slot memori tambahan. Jadi, sobat harus berfikir masak-masak menentukan kapasitas iPhone yang hendak dibeli. 

Lain halnya dengan smartphone Android yang mayoritasnya dilengkapi dengan slot memory tambahan. Jadi, sobat bisa mendapat kapasitas memori penyimpanan lebih banyak dengan harga lebih terjangkau.

6. Aplikasi Gratis


iOS memiliki banyak aplikasi yang berkualitas, namun berbayar. Android memiliki pilihan aplikasi yang terus bertambah dan mayoritasnya gratis. 

Kalau pun ada yang bayar, sobat bisa dengan mudah men-download file APK-nya. 

7. Aplikasi Peta Digital yang Lebih Baik


Aplikasi Google Maps jauh lebih baik dibandingkan dengan Apple Maps. Google Maps dapat menampilkan data yang lebih akurat dibandingkan dengan aplikasi Peta buatan Apple.

Walau para pengguna iPhone bisa mengunduh aplikasi Google Maps melalui App Store. Namun, pengguna smartphone Android sudah langsung menikmati aplikasi tersebut, tanpa harus men-download terlebih dahulu.

8. Kustomisasi


Bagaimana cara mengubah tampilan dasar iOS pada iPhone ? Hanya ada aplikasi dengan jumlah terbatas untuk memodifikasi tampilan iPhone, itupun hanya modifikasi kecil.

Sedangkan pada smartphone Android, sobat bisa melakukan banyak kustomisasi, malai dari tampilan interface hingga jenis ROM.

9. Charger USB Standar


iPhone 5 hadir dengan port charger yang berbeda dari generasi sebelumnya, dari 30 pin menjadi hanya 8 pin. Hal ini sangat  merepotkan orang yang memiliki berbagai macam mobile App.

Namun berbeda dengan Android. Rata-rata, jenis charger yang digunakan sama, yaitu micro USB. Jadi sobat hanya perlu membawa satu jenis charger untuk mengisi daya berbagai jenis ponsel.

10. Overclock


Dengan membuka akses root pada Android, sobat memiliki otoritas untuk mengubah kecepatan prosesor. Sobat bisa menurunkan kecepatannya jika ingin menghemat baterai.

Dan sobat bisa menaikkan kecepatan jika ingin menambah performa. Hal ini sangat mustahil dilakukan pada iPhone.

11. Sinkronisasi data Google yang Sangat Mudah


Untuk Android cukup memasukkan akun Google sobat ke ponsel dan secara otomatis semua aplikasi Google akan melakukan sinkronisasi. Ponsel secara otomatis akan mengunduh inbox di Gmail, data bookmark secara langsung berpindah ke Chrome di ponsel, dan masih banyak lagi kemudahan lainnya.

Sementara itu, pengguna iPhone harus memasukkan data akun satu per satu ke masing-masing aplikasi Google.




Kesimpulan :


Android ataupun iPhone itu tergantung dari sobat, karena setiap orang mempunyai selera yang berbeda - beda. Ada yang lebih suka Android dan ada pula yang menyukai iPhone. 


1 comment:
Write komentar