Friday, June 30, 2017

Jenis-jenis Sistem Operasi Beserta Pengertiannya

Saat ini banyak jenis sistem operasi yang digunakan. Kita perlu memiliki pengetahuan tentang berbagai sistem operasi agar dapat memilih sistem operasi yang ada dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan yang kita miliki.

Berikut ini adalah beberapa jenis sistem operasi beserta pengertiannya yang paling banyak digunakan :

1. DOS

Jenis-jenis Sistem Operasi Beserta Pengertiannya

DOS adalah sistem operasi yang termasuk CUI (Character User Interface). Artinya, sistem operasi DOS berkomunikasi dengan pengguna komputer dengan karakter-karakter teks. DOS menampilkan pesan dalam bentuk teks-teks, dan pengguna memberikan perintah kepada komputetr dalam bentuk teks juga.

Microsoft DOS dibuat pada tahun 1981 oleh Microsoft untuk pertama kalinya. Microsoft DOS dibuat untuk digunakan sebagai sistem operasi ddi komputer IBM-PC. Microsoft DOS menjadi sistem operasi standar untuk komputer PC (Personal Computer) karena kerja sama antara Microsoft dan IBM.
Sampai saat ini DOS sudah memiliki berbagai utilitas sebagai sebuah program sistem operasi. Utilitas-utilitas yang dimiliki oleh Microsoft DOS adalah sebagai berikut:

a. Fasilitas Doublespace
Fasilitas untuk mengkompresi file dan menyimpan informasi file yang dikompres dalam format yang berbeda.

b. Fasilitas Scandisk
Kemampuan DOS untuk melakukan diagnosis kerusakan pada disk dan kemudia memperbaikinya, memperbaiki crosslinks dan cluster yang hilang serta memperbaiki kerusakan fisik disk.

c. Fasilitas Smartdrive 
Kemampuan untuk merekam data untuk tujuan pengamanan bila terjadi masalah yang dapat menghilangkan data-data yang tersimpan di disk.

d. Fasilitas Diskcopy
Kemampuan untuk menyimpan filedari satu disket ke disket lain.

e. Microsoft Defragmanter
Kemampuan untuk mengatur kembali penempatan file-file dan direktori-direktori yang terdapat dalam sebuah disk. Pengaturan ini dilakukan agar mempercepat proses pencarian sebuah file atau direktori.  

2. Windows

Jenis-jenis Sistem Operasi Beserta Pengertiannya
Sistem Operasi Windows merupakan sistem operasi yang mempunyai tampilan grafis. Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan untuk PC karena sistem operasi Windows mudah digunakan atau dikenal dengan istilah user friendly (ramah pada pengguna). 

Windows pertama kali keluar pada tahun 1990 dan diberi nama Windows versi 3.0. Kemudian pada tahun 1992, Microsoft mengeluarkan windows versi 3.1. Dan pada tahun 1993 Microsoft mengeluarkan sistem operasi untuk bisnis yaitu Windows NT. 

Kemudian pada tahun 1995, Microsoft mengeluarkan Windows versi baru yaitu Windows 95 yang berhasil terjual sebanyak 7 juta keping diseluruh dunia. Microsoft terus memperbarui dan mengembangkan sistem operasi Windows dan terus mengeluarkan versi selanjutnya yaitu : Windows 97, Windows 98, Windows ME, Windows 2000 Server, Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows yang baru saja dikeluarkan Microsoft pada tahun 2015 yaitu Windows 10.  

Kelebihan dari Windows adalah program-program aplikasi yang dapat dijalankan di sistem operasi Windows telah banyak tersedia. Namun, kendala yang dihadapi dalam pemakaian Windows adalah harganya yang mahal. 

Namun saat ini, PC di Indonesia banyak yang menggunakan Windows versi bajakan karena harganya yang sangat murah. 

3. Unix

Jenis-jenis Sistem Operasi Beserta Pengertiannya
Sistem operasi Unix banyak digunakan pada komputer besar seperti superkomputer atau mainfrane. Superkomputer adalah komputer yang digunakan pada perusahaan-perusahaan besar. Superkomputer dapat melakukan pengelolaan data dengan jumlah yang sangat besar karena dilengkapi processor yang sangat cepat dan memori yang sangat besar.

Unix dikembangkan di akhir tahun 60-an oleh sebuah grup yang dipimpin oleh Khen Thompson dari Laboratorium AT&T. Sistem operasi ini dibagikan secara gratis untuk pengembangan ke berbagai perguruan tinggi. Setelah banyak dipergunakan oleh dunia industri, sistem operasi ini kemudian dipatenkan dan diperdagangkan.

Unix merupakan sistem operasi yang andal untuk digunakan di jaringan komputer. Unix termasuk sistem operasi yang mahal dan penggunaannya masih terbatas.

4. Linux

Jenis-jenis Sistem Operasi Beserta Pengertiannya


Sistem operasi Linux dikembangkan oleh seorang berkebangsaan Finlandia yang bernama Linus Benedict Torvalds. Linux merupakan sistem operasi open source. Yang berarti siapa saja dapat mendistribusikan dan mengembangkan Linux. Linux banyak digunakan sebagai sistem operasi untuk komputer sever di perusahaan-perusahaan karena Linux mempunyai tingkat kestabilan yang baik, dalam arti kinerja Linux tidak menurun meskipun dijalankan cukup lama.

Server Linux biasanya dapat dioperasikan selama ratusan hari tanpa henti. Selain itu, Linux merupakan sistem operasi yang murah dan dapat digunakan untuk banyak komputer sekaligus tanpa harus terikat aturan license. Dengan demikian, kita tidak perlu takut dituduh telah melakukan pembajakan.

Kendala dari penggunaan Linux adalah orang belum terbiasa menggunakannya. Orang lebih terbiasa menggunakan Windows. Selain itu, bila dibandingkan dengan Windows, program-program yag dapat dijalankan di Linux masih sangat terbatas.


Semoga artikel di atas dapat memberikan pengetahuan mengenai Jenis Sistem Operasi.

3 comments:
Write komentar